Your Ad Here

Sunday, July 1, 2007

Love me, Tender

Minggu ...
minggu yang berat untuk bekerja. Mungkin selama dua samapi tiga bulan ini harus demikian. Apa sebab? Yah .. tender proyek-proyek APBD mulai diumumkan. Harus selalu siap dikantor-kantor Instansi untuk melihat pengumuman tender proyek apa saja yang muncul.

Pengumuman ...
ditempelkan di papan pengumuman. Mencatat dan bergegas mengambil formulir pendaftaran. Langsung berlari ke kantor untuk melengkapi data administrasi dan pengurusan referensi serta dukungan bank. Harus selesai dalam 3 hari. Tiap malam berbenah dokumen prakualifikasi untuk mendapatkan tender. Ditemani secangkir kopi pahit dan tentunya kepulan asap rokok yang membuat ruangan sepertinya berkabut. Jadilah dokumen pasca kualifikasi.

Pendaftaran ...
tender dibuka. Lalu masuklah ke bagian Penjelasan Pekerjaan atau bahasa bulenya Aanwijzing. Pulang dapat RKS dan mulailah membuat Rencana Anggaran Biaya. Dengan angka-angka yang rumit, harga bahan, upah dan alat-alat, diramu dalam sebuah Analisa Harga Satuan dan dipasangkan dengan volume pekerjaan, muncullah HARGA PENAWARAN. Dengan lembar-lembaran penawaran, dijilid menjadi sebuah Dokumen Penawaran Harga. Satu dokumen asli dua dokumen kopi.

Panas ...
menunggu pengumpulan dokumen penawaran. Disana banyak relasi-relasi dan teman seperjuangan yang tujuannya sama. Memohon kepada Bang "Tender" untuk dicintai. "LOVE ME, TENDER" ikut lah dengan ku, bahagiakan aku dan rekan kerja ku (Kasihan yah ...).

Menunggu ...
pengumuman hasil seleksi oleh panitia pengadaan barang dan jasa, di depan kantor Instansi sambil minum kopi. Masih enak karena masih jam sembilan pagi. Udara tidak terlalu panas untuk menemani kopi yan panas. Woi .. Alhamdulillah ... kerja keras teman-teman team penyusun Dokumen Penawaran akhirnya membuahkan hasil. Menang ...

Lumayan ...
dapat bonus apa yah akhir musim proyek-an ini ... ? :D Tapi bukan hanya satu tender yang harus diikuti. Masih banyak tender-tender lain yang masih menunggu. Aduh ... Ternyata untuk mendapatkan sesuatu yang besar harus disertai usaha yang besar pula.

No comments: